يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ
{183} أَيَّامًا مَّعْدُودَاتٍ فَمَن كَانَ مِنكُم مَّرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ أَيَّامٍ أُخَرَ وَعَلَى
الَّذِينَ يُطِيقُونَهُ فِدْيَةُ طَعَامُ مِسْكِينٍ فَمَن تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرُُ لَّهُ وَأَن تَصُومُوا خَيْرُُ لَّكُمْ
إِن كُنتُمْ تَعْلَمُونَ {184}
"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa
sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.
(Yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barangsiapa di antara
kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu dia berbuka), maka
(wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada
hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat
menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu),
memberi makan seorang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati
mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa
lebih baik bagimu jika kamu mengetahui." (Al-Baqarah: 183-184).
Apa pengertian puasa secara bahasa dalam
istilah ?
Puasa secara bahasa artinya “menahan
“.sedangkan menurut istilah syara adalah menahan diri dari segala sesuatu yang
membatal puasa
Puasa itu ada 2 macam yaitu puasa wajib dan sunah , disini
akan diterangkan sedikit mengenai puasa wajib.puasa wajib adalah puasa yang
harus dikerjakan oleh seorang muslim seperti puasa romadhon dan puasa nadzar
puasa ini apabila tidak dikerjakan maka akan mendapatkan dosa lain hal nya
puasa sunah yang apabila dikerjakan mendapatkan pahala apabila ditinggalkan
mendapatkan dosa.
Syarat wajibnyapuasa dalam kitab
nihayatu zain ada 3 yaitu :
ilustrasi seorang muslim |
a.islam
dalam puasa ini
hanya diperintahkan pada orang muslim saja selain orang muslim tidak wajib
puasa
b.mukalaf
pengertian
disini adalah orang yang sudah baliq dan berakal ,tidak diwajibkan bagi orang
yang
masih kecil dan tidak berakal.
c.mampu
mampu disini
berarti orang yang bisa melakukan puasa maka,tidak diharuskan seperti orang tua
yang
sudah tak mampu berpuasa.tetapi ada denda tertentu yang harus dibayar sebagai
ganti meninggalkan
puasa
a.islam
b.suci
dari haid dan nifas
c.berakal
d.berada pada waktu yang tidak
diharamkan berpuasa
a.niat
terbitnya fajar |
dilakukan
didalam hati mengucapkan niat tidaklah menjadi syarat tapi hanyalah sunah makan
sahur belum dianggap sebagai niat,sekalipun dimaksudkan untuk kekuatan
berpuasa.begitu juga dengan perbuatan menahan diri dari perkara yang
membatalkan puasa karaena kuatir telah memasuki fajar menurut imam maliki niat
puasa romadhon itu cukup hanya 1 kali pada awal bulan romadhon saja dengan niat
1 bulan penuh itu sudah dianggap sah sedangkan menurut imam syafii niat puasa
romadhon harus dilakukan tiap malam harinya.apabila tidak niat pada malam
harinya maka menurut imam syafii tidak syah puasanya
disyaratkan
dalam puasa fardhu yaitu tabyitun niatyaitu melakan niat dimalam hari antara
terbenam matahari hingga terbit fajar sekalipun puasa itu dilakukan oleh anak
mumayiz disyaratkan pula dalam puasa fardhu yaitu ta’yin niat misalnya berniat puasa romadhon atau nadzar
yaitu dengan cara setiap malam berniatbahwa besok akan melakukan puasa wajib
.karena itu jika seseorang berniat fardhu
puasa atau kefardhuan waktu maka belum dianggap cukup
dengan
adanya syarat tabyin pada puasa fardhu maka pada puasa sunah tidak menjadi
syarat karena itu puasa sunah sekalipun ditentukan waktu adalah sah niat tanpa
ta’yin.niat yang sempurna pada puasa fardhu “ saya niat puasa besok hari
sebagai penunaian fardhu romadhon tahun ini karena Allah ta’ala.
b.menahan
maksud menahan disini adalah menahan
dari segala yang membatalkan puasa seperti jimak disiang hari
,makan,minum,disini juga diterangkan mengucapkan niat pada malam harinya
apabila lupa seseorang tersebut dalam niat pada malam harinya maka juga
disunahkan puasa tetapi wajib menahan segala yang membatalkan puasa karena
sebab menghormati waktu puasa.
a.makan suhur.
Diterangkan disunahkan untuk makan
sahur diakhir waktu,selagi tidak terjadi waktu syak dan kesunahan sahurnya
dengan buah kurma dan seteguk air.
b.menyegerakan berbuka.
Maksudnya adalah berbukalah dahulu sebelum solat
maghrib berbuka disini disunahkan dengan buah kurma dan yanglebih sempurna
adalah dengan 3 butir .kalau tidak ada kurma cukup beberapa teguk air walaupun air putih.
c.berbuka dan makan kurma
d.berdoa setelah berbuka
e.mandi sebelum fajar
f.menghindari makanan subhat
g.menahan dari bersiwak
disini dimakruhkan bersiwak setelah
tergelincirnya matahari dan sebelum matahari terbenam, sekalipun
baru bangun
tidur "tetapi" dari sebagian ulama berpendapat bahwa bersiwak disini tidak
makruh,bahkan disunah kan bila mulut berbau busuk karena semisal baru bangundari
tidur.
h.menjaga lisan dari perkara yang diharamkan
menjaga
lisan disini berfungsi untuk menambah pahala ,karena jika ada orang yang
berpuasa dan berkata hal-hal yang diharamkan dapat mengurangi pahala orang yang
berpuasa.dan puasanya tetapsah.
i.memperbanyak
sedekah
sunah
muakadah dibulan puasa adalah utamanya tanggal 10 yang akhir .sedekah disini
tidak terbatas
baik sedekah dalam keluarga sendiri atau pada para tetangga
,walaupun hanya air putih .
j.memperbanyak
bacaan alquran
disunahkan
memperbanyak bacaan alquran walaupundijalan .waktu yang utama adalah setelah
subuh,
waktu sahur ,dan waktu diantara maghrib dan isya .karena seseorang yang
bisa menghatamkan 1 Alqur’an dalam bulan romadhon sama jalnya ia khatam 1000
kali diluar bulan romadhon
k.memperbanyak
I’tikafdisunahkan memperbanyak I’tikaf yang utama pada 10 hari terakhir pada malam hari karena diharapkan dapat berjumpa dengan malam 1000 bulan.
ilustrasi "makan" |
a.sengaja jimak atau makan
bukan yang sedang lupa ,tetapi ia benar-benar sengaja beda
halnya dengan ia benar-benar lupa.hal itu memang membatalkan
puasa
b.melakukan onani
walaupun disini dilakukan dengan
sendiri ataupun dengan
tangan istri
c.sengaja muntah
d.kemasukan benda yang tampak
maksud kemasukan disini adalah
kemasukan barang pada
bagian yang disebut jauf (rongga dalam)
a. sebab sakit yang berbahaya dalam
ukuran yang diperbolehkan bertayamum
b.dalam perjalanan yang di perbolehkan
qosor solat .dan bukan perjalanan yang bertujuan untuk
maksiat .puasa musafir
lebih baik dari pada bebuka apabila tidak ada madhoroh
c.sebab khawatir sakit atau mati jika
berpuasa baik dari haus atau laparnya sekalipun ia orang yang
sehat dan berada
dirumah .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar