----------SUGENG RAWUH----------

Senin, 17 Oktober 2011

Tentang Khalifah Utsman Bin Affan


      Kelahiran Utsman Bin Affan
Nama lengkapnya adalah Utsman Bin Affan Bin Abi-Al Ash Bin Ummayyah Bin Abd Al Manaf dari suku Quraish. Lahur pada tahun 576 M. Enam tahun setelah kelahiran Rasulullah SAW. Ibu beliau bernama Urwy Bin kuraiz Bin Rabi’ah Bin Habib Bin Abdi Asy-Syams Bin Abd Al Manaf.
Utsman Bin Affan masuk Islam pada umur 30 tahun atas ajakan Abu Bakar. Setelah masuk Islam beliau sempat mendapat siksaan dari pamannya yang bernama Hakam Bin Abil Ash. Beliau juga mendapat julukan Dzun Nurain karena beliau telah menikahi putri rasulullah SAW. Secara berurutan ketika salah satu dari keduanya meninggal, yang bernama Ruqoyyah dan Ummu Kulsum.
 Khalifah Utsman Bin Affan juga orang muhajjir pertama yang ke yastrib. Beliau juga orang yang sangat baik hati dan penyayang, seperti setiap jum’at beliau membebaskan budak laki-laki dan perempuan, dan  bisa dikatakan penyayang itu juga ada contohnya, diceritakan ketika Ustman Bin Affan mengambil air wudlu beliau tidak tega untuk membangunkan pelayannya padahal beliau dalam keadaan sakit dan udhur.
Dan diantara perang-perang yang pernah diikuti Utsman Bin Affan pada zaman Rasululah adalah
a.       Perang Uhud
b.      Perang Khaibar (pembebasan kota makkah)
c.       Perang Thaif
d.      Perang hawazin
e.       Perang tabuk

Perang badar tidak beliau ikuti karena diperintakan oleh Nabi untuk menunggu istrinya yang sedang sakit sampai meninggalnya.Karya besar monument usman bin affan adalah membukukan mushaf alquran dan pembukuan ini di lakukan karena alasan untuk pertimbangan dan mengahiri perbedaan bacaan di kalangan umat islam yang di ketahui pada ekspedisi militer ke Azerbaijan.pembukuan ini dilaksanakan dengan kepanitiaan yang di ketahui oleh zaid bin sabit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Batman Begins Background3D Letter R